Monday, 19 April 2010

Ciri Ciri Jurnalistik Lengkap - Terbaru Jurnalis

Portal Jurnalis,- Berdasar seorang ilmuwan bernama Luwi Ishwara (2005), bahwa Jurnalistik atau jurnalisme memiliki beberapa ciri penting yang harus kita semua perhatikan.

Ciri Ciri Jurnalistik Lengkap - Terbaru Jurnalis


CIRI CIRI PENTING SEORANG JURNALISTIK atau JURNALISME 

1. Skeptis (Skeptical)
Skeptis merupakan suatu sikap dengan ciri selalu mempertanyakan segala sesuatu, dan suka ragu apa yang diterima, serta selalu was was atau mewaspadai segala kepastian supaya tidak mudah ketipu. Intinya skeptis merupakan suatu sikap keraguan.

2. Bertindak (Action)
Wartawan tidak menunggu sampai peristiwa tersebut naik ke permukaan, melainkan dia akan mengejar serta mengkaji lewat ketajaman naluri yang wartawan miliki.

3. Berubah (Change)
Perubahan merupakan hukum utama jurnalisme. Media bukan lagi sebagai penyalur berita, melainkan penyedia, pemilter serta pemberi arti dari sebuah berita.

4. Seni dan Profesi (Work)
Wartawan melihat dengan mata yang fresh atau segar pada setiap peristiwa untuk menangkap aspek-aspek yang unik.

5. Peran Pers (Role)
sebagai pelapor, bertindak sebagai mata dan telinga publik, melaporkan peristiwa-peristiwa di luar pengetahuan masyarakat dengan netral dan tanpa prasangka. Selain hal tersebut, pers juga mau tak mau pasti ikut berperan sebagai interpreter, wakil publik, peran jaga, serta pembuat kebijaksanaan dan advokasi.
.
Secara praktis, jurnalistik adalah mekanisme dalam penyusunan suatu  informasi atau berita (fakta) dan cara menyebarluaskannya dengan melalui media massa yang ada. Dari pengertian kedua ini, kita dapat melihat adanya empat unsur  didalam lingkungan jurnalistik: informasi, penyusunan informasi, penyebarluasan informasi, serta media massa.

BACA JUGA 
PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF BAHASA DAERAH

Bahasa jurnalistik yaitu bahasa komunikasi media massa laksana terlihat dalam surat kabar  harian dan majalah. Dengan peran yang seperti itu bahasa jurnalistik tentu harus benar benar jelas dan mudah untuk dibaca dengan tahapan ukuran intelektual minimal. Menurut JS Badudu (1988) bahasa jurnalistik memiliki sifat-sifat tersendiri yakni singkat, padat, jelas, sederhana, lugas, menarik, dan lancar. Sifat tersebut harus dimiliki oleh bahasa jurnalistik, dan pers, mengingat surat kabar dibaca oleh semua elemen masyarakat yang tmempunyai tingkat pengetahuan yang berbeda beda.

SHARE THIS

Author:

A Commander, Commitment and Capital Nekad is one of the words of encouragement in his life. fightingfisabilillah be the absolute motto in reaching its goal. ~Jawwad Azka.

0 komentar: