Monday, 21 November 2011

Qummatul Khaimah Lugatul Arabiyah - Ponpes Darussalam Ciamis

Portal Jurnalis,- Gedung Nadwatul Ummah (NU) Pondok Pesantren Darussalam digebyarkan oleh lagu lagu berbahasa arab ketika upacara pembukaan Arabic Super Camp (13/11) yang dibuka langsung oleh pimpinan Ponpes Darussalam, Bapak KH. Dr. Fadlil Munawwar Mansyur, Ms. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Majelis Al-Ulum Wa At-Takaful (MALTA) Program Keagamaan MAN Darussalam ini merupakan agenda tahunan yang mewajibkan seluruh pesertanya berbicara bahasa arab. karena dengan menguasai Bahasa dapat berinteraksi dengan dunia luar dan lebih utamanya bahasa arab merupakan bahasa Al-Qur'an,hadits dan kitab kitab klasik.



Kawasan Madinatul Buuts yang merupakan pusat dari kegiatan ini disulap menjadi kawasan yang berbahasa dan dipenuhi dengan tulisan ajakan berbahasa "Lets Speak Arabic". Di kawasan ini pula terpancang tenda tenda untuk peserta putra di sekitar mesjid Ar-Rahmah sedangkan untuk putri ditempatkan di Gedung Aula Jenderal Soedirman.

Kegiatan setiap harinya di isi oleh materi materi bahasa arab yang mencakup penghafalan mufrodat (Kosa Kata) baru dan mahfudzat (kata mutiara) berbahasa arab, kecakapan berbicara dalam berbahasa, menulis, khitobah atau pidato, dan lain nya.

Dengan Pemateri dari ustadz ahli di Pesantren dan dibimbing oleh panitia sendiri. Selain itu, disela kesibukannya, Bapak Wakil Pengasuh KH. Dr. Fadlil Yani Ainusyamsi M.BA, M.Ag. Pun turut memberikan materi sekaligus motivasi lewat kisah Nabi AS lalu salah satu dari peserta menceritakan sinopsisnya tentu saja dengan Bahasa Arab.



Namun meski banyak materi yang telah diberikan, pihak panitia mengemas acara ini sedemikian rupa dengan menambahkan lagu lagu gembira berbahasa arab agar lebih mempermudah dan menjadikan belajar bahasa arab adalah hal yang menyenangkan.

Dihari terakhir Kegiatan Arabic Super Camp ini diisi oleh riyadhoh atau outbond yang dilaksanakan di sekitar pondok dan ditutup secara resmi oleh Bapak Wahidin (20/11) sebagai pengganti dari pimpinan pesantren Darussalam. (*JSC)

Barnamijul Lughoh
As-Shahwah Edisi VI
Desember Tahun 2011
Tim JSC

--------------------------------
*Gambar HAKCIPTA Tim Redaksi JSC

SHARE THIS

Author:

A Commander, Commitment and Capital Nekad is one of the words of encouragement in his life. fightingfisabilillah be the absolute motto in reaching its goal. ~Jawwad Azka.

0 komentar: