Monday, 26 December 2011

Penyuluhan Narkotika - Menuju yang lebih baik

Portal Jurnalis,- Pada hari kamis (25/10) seluruh santri Pondok Pesantren Darussalam berkumpul di Gedung Nadwatul Ummah untuk mengikuti "Penyuluhan Kawasan Bebas Asap Rokok". Yang diadakan oleh BNK Kabupaten Ciamis.

Dalam Undang Undang No 35 Tahun 2009 Dijelaskan bahwa Narkotika itu zat yang berasal dari tanaman atau tidak, baik sintetis maupun tidak sintetis, yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Narkotika itu terbagi dalam banyak jenis diantaranya simultant yang bersifat psikoaktif atau agresif seperti Amphetamin, Halusinogen yang bersifat halusinasi seperti Ganza, Depresan yang bersifat penenang seperti putaw, opium dan lain sebagainya.

Keterangan Tempat : GEDUNG NADAWATUL UMMAH (NU)
PONPES DARUSSALAM CIAMIS JAWA BARAT INDONESIA


Sasaran target penyebarluasan pengkonsumsian narkoba yang bersifat berderless atau tanpa pandang bulu yaitu melalui lingkungan pendidikan, lingkungan kerja bahkan sampai lingkungan pemukiman. Tetapi sasaran terjitu dan paling cepat tersebarluaskan pengkonsumsian Narkoba mlalui jalan lingkungan pendidikan yaitu diantaranya sekolah, universitas dan pondok pesantren, karena pada usia seperti itulah banyak anak yang ingin mencoba coba hal yang belum ia ketahui dan lakukan sekalipun hal tersebut dipandang tidak baik seperti pengkonsumsian Narkoba.

Awak terjadi proses penyalahgunaan Narkoba ini kerap diawali dengan pengkompromian antara rekan pemakai narkoba dan selanjutnya seseorang yang telah berkompromi tersebut dan bergaul dengan pemakai narkoba itu coba coba memakai barang haram tersebut. Kemudian terjadilah Toleransi yaitu diakibatkan oleh pemakaian beberapa kali menyebabkan tubuh menjadi toleran. Kemudian si pemakai ini mengalami proses Eskalasi atau peningkatan dosis dari pemakaian sebelumnya, yang mengakibatkan terjadinya Habituasi yaitu si pemakai sudah menjadi suatu hal yang biasa mengkonsumsi Narkoba tersebut. Kemudian terjadilah Adiksi atau KETERKAITAN PADA NARKOBA yang SUDAH MENDALAM, Intoksinasi dan akhirnya fase terakhir yaitu KEMATIAN.

Dengan pemaparan buruknya dan bahayanya mengkonsumsi Narkoba maka mulai saat kita kaum muda harus bisa merubah dan menggerakan bangsa ini untuk menanamkan kata kata "SAYS NO TO DRUGS" dalam dirinya masing masing dengan kesadaran dari diri sendiri agar dapat menggapai suatu prestasi yang dapat dilakukan dan membanggakan semua kalangan tanpa pengkonsumsian NARKOBA. (*JSC)

KAMPUSKU
As-Shahwah Edisi VI
Desember Tahun 2011
Tim JSC

--------------------------------

*Gambar HAKCIPTA Tim Redaksi JSC

SHARE THIS

Author:

A Commander, Commitment and Capital Nekad is one of the words of encouragement in his life. fightingfisabilillah be the absolute motto in reaching its goal. ~Jawwad Azka.

0 komentar: