Monday, 19 December 2011

Sekilas Tentang Jurnalistik - Terbaru Selayang Pandang Jurnalis

Portal Jurnalis,- Pada tulisan kali ini saya akan mengulas sekilas atau selayang pandang mengenai JURNALISTIK. Diantara kalian mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata JURNALISTIK, tapi jika ditanya atau disuruh menjelaskan sekilas tentang JURNALISTIK masih suka bingung atau malah tidak tahu. Nah untuk itulah salah satu tujuan saya mengulas tentang hal ini. JADI saya harap setelah membaca tulisan ini kawan kawan dapat menyerap ilmu yang saya berikan.  

Sekilas Tentang Jurnalistik


Pertama saya akan membahas dimulai dari pengertian perkatanya !

JURNALISTIK Sebenarnya itu apa?
Jadi gini Jurnalistik itu tersusun atas dua kata yaitu JURNAL dan ISTIK ya. JURNAL sendiri merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa perancis yakni JOURN yang artinya catatan harian, dan ISTIK sendiri yaitu sebuah kata kata yang bagus atau indah. 

INTINYA?
Sehingga Apabila digabungkan antara jurnal dan istik akan memiliki pengertian suatu catatan harian yang dirangkai bersama kata kata yang indah

Sekarang sudah tahu kan apa pengertian dari JURNALISTIK ?

Baca Juga :

3 HAL POKOK untuk Kamu yang Mau sebagai JURNALIS
Tiga Hal ini yang harus kamu perhatikan jika kamu ingin terjun ke dunia jurnalis, yaitu

1. DIDESAK HARUS CERDAS,
2. mempunyai INTEGRITAS, juga
3. memiliki kondisi yang SEHAT baik FISIK maupun PSIKIS.

Ketiga Poin Penting di atas sebenarnya memiliki pengertian yang dapat dipahami secara luas.
inilah beberapa pemahaman dari ketiga hal pokok diatas !

1. Di dalam dunia JURNALISTIK, seorang jurnalis mesti CERDAS baik cerdas SOFTSKILL (Suatu talenta yang dimiliki seseorang sejak lahir) maupun cerdas HARDSKILL (yang memiliki arti memiliki kemahiran dalam ilmu pengetahuan, teknologi, atau keterampilan teknis)

2. Yang Kedua yaitu INTEGRITAS, seorang jurnalis haruslah mempunyai integritas , di sini integritas seorang jurnalis adalah selalu berpegang teguh atas patokan jurnalistik sendiri yaitu selalu mengejar kebenaran. Seorang jurnalis juga mau tak mau berpegang teguh kepada kebenaran, jangan malah karena menerima sedikit suapan dari seseorang yang berkaitan dengan sesuatu yang di tulis si jurnalis, Si jurnalis melancarkan pemiktifan sesuatu yang sebelumnya merupakan fakta.

3. Yang ketiga adalah  sehat , seorang jurnalis mau tak mau dituntut sehat karena saat mencari data-data sang jurnalis pasti melewati banyak tantangan seperti tekanan atau Pelemahan daya baik fisik maupun psikisnya, sehingga jika seseorang jurnalis sedang tak baik atau sehat maka keadaan dari fisik dan mental itu sendiri pasti kecil atau banyak akan mempengaruhi dari data atau tulisan yang didapat serta yang mau di tulis.

TAGS : Sekilas Tentang Jurnalistik ! - Selayang Pandang Portal Jurnalis

SHARE THIS

Author:

A Commander, Commitment and Capital Nekad is one of the words of encouragement in his life. fightingfisabilillah be the absolute motto in reaching its goal. ~Jawwad Azka.

0 komentar: