Monday, 24 October 2016

L2M Sebagai Ajang Silaturrahim

Portal Jurnalis,- Kegiatan ekstrakuler di sekolah tentunya sudah tidak asing lagi. Terlebih bagi para pelajar yang aktif dalam mengikuti ekstrakulikuler. Khusus untuk ekstrakulikuler pramuka, akhir-akhir ini mungkin kurang diminati oleh sebagian pelajar karena mereka menganggap pramuka itu hanya tentang tepuk tangan, baris berbaris, tali menali dan bernyanyi disela-sela latihan. Ditambah lagi pramuka itu tak kenal hujan dan panas yang membuat pelajar enggan untuk mengikuti ekstrakulikuler ini.
Saat ini, pramuka merupakan kegiatan yang penuh dengan karakter, sehingga Pemerintah memasukannya dalam kurikulum. Agar pramuka dapat diminati oleh kaum pelajar, maka ambalan Prabuwangi-Rarasantang SMAN 2 Ciamis berinisiatif untuk mengadakan kegiatan Lomba Lintas Medan atau lebih dikenal dengan L2M. Kegiatan L2M itu sendiri merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan sehingga dapat menarik perhatian setiap pelajar.

Pada (23/10) lalu, ambalan Prabuwangi-Rarasantang mengadakan kegiatan L2M XII yang diikuti oleh enam puluh regu lebih dari pelbagai ambalan yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten. Tak hanya tingkat SMA sederajat, tingkat SMP pun ikut berpartisipasi dalam acara ini. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk mengenalkan kegiatan kepramukaan kepada kaum pelajar sebagai salah satu ekstrakulikuler yang cukup bergengsi.
          Bukan hanya perlombaan tentang kepramukaan, namun kriteria-kriteria lain seperti, ketepatan waktu, penampilan, kostum dan sejumlah permainan yang menarik lainnya yang dirangkum dalam kegiatan outbond. Selain yang tertera diatas, L2M juga menyajikan perlombaan morse, semaphore juga kecermatan.
          Selain sebagai ajang perlombaan, kegiatan L2M itu tersendiri juga dijadikan ajang silaturahim antar ambalan yang dipertemukan dalan kegiatan L2M ini.
          Antusias para peserta yang menjadikan acara kegiatan L2M XII berjalan sesuai dengan harapan. Kedisiplinan, kegigihan, dan kerja sama panitia L2M XII yang menjadikan acara kegiatan L2M berjalan dengan mulus tanpa ada hambatan apapun.

          “Kegiatan ini sangat menarik dan menyenangkan, juga bisa joged-joged sebagai penawar lelah” ujar Alfaizi, salah satu peserta yang berasal dari MAN 1 Ciamis. Selain tanggapan sebagai kegiatan yang menyenangkan, L2M ini juga memberikan banyak pengalaman bagi para pesertanya.
          Kegiatan L2M XII memang banyak menyuguhkan hal-hal yang menarik sehingga, acara ini dapat diterima, disenangi oleh sebagian besar kaum pelajar baik di intra maupun ekstra. “Cape, tapi rame! Punya banyak teman baru. Tahu tentang sekolah lain, dan benteng Pawindan” ucap salah satu siswa dari SMK LPS 2 Ciamis.


          Untuk harapan kedepannya, peserta berharap agar kegiatan L2M berikutnya dapat terus berinovasi dan menyuguhkan hal-hal yang lebih menarik lagi sehingga ekstrakulikuler pramuka menjadi salah satu ekstrakulikuler favorit bagi setiap pelajar.


SHARE THIS

Author:

A Commander, Commitment and Capital Nekad is one of the words of encouragement in his life. fightingfisabilillah be the absolute motto in reaching its goal. ~Jawwad Azka.

0 komentar: