Refleksi Hari Santri Nasional 2016 - Jawa Barat

Hari Santri Nasional Ciamis, JSC MAN Darussalam
Ratusan Santri Berkumpul Bersama di depan PENDOPO

MBJ,- CIAMIS JOURNALIST. Refleksi (atau pemantulan) yakni suatu perubahan arah rambat cahaya ke arah sisi (medium) asalnya, setelah menumbuk antarmuka dua medium. Refleksi pada era optik geometrisa dijabarkan dengan hukum refleksi yaitu: Sinar insiden, sinar refleksi dan sumbu normal antarmuka ada pada satu bidang yang sama.


Hari Santri Nasional Ciamis, JSC MAN Darussalam
MEMPERINGATI HARI SANTRI NASIONAL


Ratusan ribu santri dari seluruh Pondok Pesantren yang terdapat di daerah Kabupaten Ciamis memperingati Hari Santri Nasional (HSN) ke-2 di Alun-alun Ciamis pagi hari ini (22/10/2016).  Selain upacara peringatan yang dipimpin Bupati Ciamis Iing Syam Arifin juga dimeriahkan dengan festival makan nasi Liwet dengan panjang 1 kilometer di Jalan Jendral Sudirman depan Pendopo Ciamis.

Peringatan diawali dengan upacara kemudian dilanjutkan dengan pawai mengelilingi kawasan Ciamis kota di Jalan Ir H Juanda menuju Jalan Jendral Sudirman. 

Lalu kirab para santri di halaman Pendopo menampilkan berbagai kesenian  dan keterampilan bernuansa islami seperti marawis dihadapan para pejabat. 

Terakhir ditutup dengan festival makan nasi liwet yang digelar menggunakan alas plastik di sepanjang Jalan Jendral Sudirman.

Panitia Pelaksana HSN Ciamis KH Agus Umar Nawawi menuturkan untuk festival liwet tersebut awalnya panitia menugaskan 1500 santri untuk memasak nasi liwet. 

Namun seluruh Pondok Pesantren di Ciamis berjumlah sekitar 1600 Ponpes ingin berpastisipasi. Setiap Ponpes ini membawa 10 kastrol dengan ukuran 5 kilogram.

"Tinggal dijumlahkan saja berapa ribu kastrol untuk festival liwet ini karena memang yang hadir ini seluruh pesantren di Ciamis dengan jumlah santri ribuan bahkan sampai puluhan ribu. Intinya setelah kirab santri langsung makan disini sebagai jamuannya," katanya di sela kegiatan.

Sementara itu, Bupati Ciamis Iing Syam Arifin menuturkan momentun hari santri nasional ini harus menjadi motivasi bagi santri dan generasi muda di Ciamis untuk semangat menata masa depan bangsa. 

Pesantren yang didalamnya ada Kiai dan santri sebagai aset luar biasa Indonesia. Dulu santri sangat berperan dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia. Sehingga tema dari HSN saat ini Santri untuk negeri, NKRI harga mati.

Comments