Wednesday, 2 November 2016

Wajibnya Bertaubat Untuk Manusia - Risalah

Portal Jurnalis,- Wajibnya Bertaubat Untuk Manusia - Risalah
Imam Al - Ghazali menyatakan, alasan diwajibkan manusia untuk bertaubat karena dua (2) hal !
Penggambaran Orang Yang Sedang Bertaubat


  • Pertama, Supaya kita berhasil untuk memperoleh pertolongan dari Allah Swt sehingga kita menjadi hamba yang taat. Karena, berbagai perbuatan dosa dapat menyebabkan kesialan dan kemalanagan bagi pelakunya sendiri. Dan akibat dari perbuatan dosa yang dilakukan secara terus menerus, akan menyebebabkan kalbu 'Qalbu' atau hati menjadi hitam pekat, sehingga yang didapatkan hanyalah kesesatan, kegelapan, kesialan, dan diri menjadi jauh dari kesucian. Jika saja Allah Swt tidak memberikan anugerah dan rahmat-Nya, niscaya dosa-dosa itu akan mengantarkan pelakunya menuju jalan kekufuran dan jalan kesengsaraan. Rasulullah Saw Bersabda : 
"Jika seorang hamba berbuat kebohongan, niscaya dua malaikat akan menjauhinya, karena tidak tahan mencium aroma busuk yang keluar dari mulutnya." 

Oleh karena itu, bagaimana mungkin lisan ini bisa mengingat Allah Swt yang maha Agung dan Maha Perkasa, padahal sangat jarang ditemukan seseorang yang senantiasa bergelimang dosa dan kemaksiatan mendapatkan petunjuk Allah Swt dan merasakan kemudahan untuk mengabdi pada-Nya. jika pun ada yang memperoleh petunjuk dari Allah Swt, namun masih saja bergelimang dosa dan kemaksiatan, tentu dia tidak akan merasakan kenyamanan dan kesuciandalam hidupnya. Semua ini diakibatkan oleh keburukan perbuatan dosa yang dilakukannya, dan dia pun tidak bertaubat dengan taubat nasuha.
  • Kedua, supaya semua amal ibadah kita semua diterima oleh Allah Swt, karena si piutang tidak akan pernah mau menerima hadiah, jika tanggungan utangnya belum dilunasi. Demikian halnya dengan bertaubat dari segala perbuatan dosa dan maksiat, serta meminta ridha dari lawan seterunya adalah suatu kewajiban yang mutlak dan tidak dapat untuk diabaikan. Adapun seluruh amal ibadah yang lainnya merupakan perbuatan "nafilah" (Sunnah). Oleh sebab itu, bagaimana mungkin Allah Swt akan menerima dermamu, padahal kamu masih mempunyai utang yang telah jatuh tempo dan belum dilunasi.

Bagaiamana mungkin, engkau masih berani meminta, berdoa dan memuji-Nya padahal Dia masih murka kepadamu? Kami berlindung dari siksa dan murka-Nya

Itulah beberapa gambaran orang orang yang bergelimang dengan kemaksiatan, Semoga kita masih dilindungi oleh Allah Swt dari melakukan perbuatan yang dilarang-Nya dan Terhindar dari murka-Nya. 

SHARE THIS

Author:

A Commander, Commitment and Capital Nekad is one of the words of encouragement in his life. fightingfisabilillah be the absolute motto in reaching its goal. ~Jawwad Azka.

1 comment:

  1. bener gan... hanya taubat yang mampu meringankan beban manusia dunia akherat...
    salam silaturrahim.....

    ReplyDelete