Monday, 12 December 2016

Pengertian Jurnalis, Jurnalistik, Ilmu Jurnalistik | LENGKAP - Portal Jurnalis

Portal Jurnalis,- "Pengertian Jurnalis, Jurnalistik, Ilmu Jurnalistik Menurut Para Ahli dengan pemahaman yang mudah". LENGKAP


Pengertian Jurnalis, Jurnalistik, Ilmu Jurnalistik | Portal Jurnalis


PENGERTIAN JURNALIS ?

JURNALIS biasanya identik dengan seorang wartawan yaitu seseorang yang melakukan jurnalisme atau orang yang secara rajin atau teratur menuliskan berita (berupa catatan harian bisa berita ataupun laporan) dan hasil karya berupa tulisannya dikirimkan untuk dimuat di media massa secara berkala.

JURNALIS + TIK =  JURNALISTIK ?

JURNALISTIK yakni suatu ilmu, baik teknik maupun proses yang berkaitan langsung atau tidak langsung dengan penulisan seperti suatu berita artikel dan opini  maupun feature di sebuah media massa, baik cetak, elektronik, ataupun media yang sering diapakai sekarang ini yaitu media online. 

ILMU JURNALISTIK ?

Nah setelah kita mengetahui pengertian jurnalistik diatas kita dapat mengartikan ILMU Jurnalistik. ILMU JURNALISTIK yaitu suatu ilmu yang didapat dari suatu proses pembelajaran mengenai JURNALISTIK baik melalui benda mati, seorang guru atau pembimbing, maupun pengamatan sendiri secara langsung.

PENGERTIAN JURNALISTIK PER KATA atau MENURUT BAHASA

Pengertian jurnalistik dilihat secara etimologis atau bahasa yaitu berasal dari kata “jurnal” (journal), artinya laporan atau catatan, atau “jour” dalam bahasa Prancis yang berarti “hari” (day).

JURNALISME ???
Apa perbedaan Jurnalistik dan jurnalisme ? sebelum bertanya hal demikian mari pahami dulu pengertian jurnalisme berikut ini.

JURNALISME atau KEWARTAWANAN (berasal dari kata journal) mempunyai artisebagai catatan harian atau catatan mengenai kejadian yang telah terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dapat juga diartikan sebagai surat kabar. Journal berasal dari istilah bahasa Latin diurnalis, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik.

JADI PERBEDAAN JURNALISTIK dan JURNALISME....

Setelah kita membaca pengertian dia atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa jurnalisme dan jurnalistik itu secara konsep. Jurnalisme lebih kepada cara kerja, sedangkan jurnalistik lebih kepada sifat.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

MENURUT PAKAR ILMU KOMUNIKASI "O Uchjana Effendy" dan ENSIKLOPEDIA INDONESIA

Menurut ensiklopedia Indonesia, jurnalistik meruapakan suatu bidang dalam salah satu profesi yang mengusahakan penyajian informasi tentang riwayat kejadian atau dan perkara dalam kehidupan sehari-hari secara teratur dan berkala, yaitu dengan menggunakan media penerbitan yang ada sebagai contoh misalnya media cetak.

Onong Uchjana Effendy, salah seorang pakar dari ilmu komunikasi mengemukakan secara sederhana bahwa jurnalistik dapat diartikan sebagai teknik dalam mengelola suatu berita mulai dari mendapatkan bahan sampai kepada mempublikasikan atau menyebarluaskannya kepada masyarakat luas.

TAGS : Pengertian Jurnalis, Jurnalistik, Ilmu Jurnalistik | LENGKAP -  Portal Jurnalis

SHARE THIS

Author:

A Commander, Commitment and Capital Nekad is one of the words of encouragement in his life. fightingfisabilillah be the absolute motto in reaching its goal. ~Jawwad Azka.

1 comment: