Sunday, 18 December 2016

Pemahaman Fungsi Jurnalistik Lengkap - Jurnalistik

Portal Jurnalis,- pers atau bidang kerja dalam jurnalistik sejatinya memiliki fungsi sebagai pemberi informasi, pemberi hiburan, sebagai pengontrol (alat kontrol sosial), dan pendidik warga. Dengan fungsinya tersebur pers mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap masyarakat.




PEMAHAMAN FUNGSI JURNALISTIK PERS

Dengan cengkaramannya, media pers (seperti media cetak dan media elektronik) mampu mendobrak dan membawakan berbagai pesan ataupun gagasan (yang dikemas dalam karya jurnalistik) yang membangun juga berguna bagi keberlangsungan kehidupan manusia. 

Begini pula dalam pembangunannya dalam bidang sosial-budaya, atau bentuk-bentuk kehidupan di dalam warga, pers melewati karya-karya jurnalistik yang disajikannya memiliki fungsi dan peranan yang tidak kecil dalam menciptakan suatu sikap pembaharuan dalam konduite dan tatanan sosial serta sikap budaya masyarakat. 


Pers juga dapat dijadikan seumpama ‘Dominasi besar’ untuk menguasai, mengajak, memancing, merubah dalam berperilaku, dan menggerakkan masyarakat. Terutama dalam menggerakkan masyarakat agar melakukan suatu perilaku atau tindakan yang baik serta bermanfaat bagi kehidupannya, sebagai contoh mengerahkan masyarakat buat turut serta terlibat secara aktif dalam majemuk mobilitas dan aktivitas pembangunan di semua unit atau bagian.

Meskipun begitu, pers juga bisa ‘diselewengkan’ untuk mengerahkan warga supaya melakukan tindakan-tindakan nan bersifat destruktif, negatif atau tindakan-tindakan tak bermanfaat lainnya.

FUNGSI atau PERAN JURNALISTIK 
Jurnalistik memiliki beberapa peran fungsi sebagai berikut:

Fungsi informasi
Menghadirkan informasi atau mmberitakan suatu informasi kepada masyarakat yang berkaitan dengan suatu peristiwa atau hal yang penting lainnya.

Fungsi pendidikan
Jurnalistik mempunyai tanggungjawab untuk membimbing masyarakat dengan menghadirkan berbagai pengetahuan yang sangat berguna bagi pengembangan nilai-nilai kehidupan

Fungsi hiburan
Memberikan hiburan dalam kaitannya mengendurkan atau melemaskan ketegangan pikiran karena kesibukan dalam kegiatan sehari-hari.

Fungsi kontrol sosial
Jurnalistik bukan hanya sebatas menyodorkan atau memberikan informasi yang berkaitan dengan suatu peristiwa, akan tetapi juga menyampaikan suatu gagasan yang berkenaan dengan keperluan atau faedah masyarakat luas.

SHARE THIS

Author:

A Commander, Commitment and Capital Nekad is one of the words of encouragement in his life. fightingfisabilillah be the absolute motto in reaching its goal. ~Jawwad Azka.

0 komentar: