Tuesday, 13 December 2016

Pembelajaran Komunikatif Bahasa Daerah - Hakikat Komunikasi

Portal Jurnalis,- PENDEKATAN secara komunikatif ini ternyata sudah ada dan berkembang pada kisaran tahun 1960 dan sudah diterapkan dalam pengajaran berbagai bahasa, terutama dalam pembelajaran bahasa kedua yaitu bahasa asing. Di INDONESIA sendiri baru ada dan mulai populer pada kisaran tahun 1970.  Pada hakikatnya belajar bahasa merupakan suatu pembelajaran komunikasi. 

Pembelajaran Komunikatif Bahasa Daerah - Artikel Bacaan


Pendekatan KOMUNIKATIF adalah orientasi belajar mengajar suatu bahasa yang berlandaskan tugas dan fungsi bahasa untuk dapat berkomunkasi. Ketika anak melakukan komunikasi pertamanya itu adalah bahasa yang digunakan anak untuk menyampaikan suatu pesan kepada pendengar.

Dalam pembelajaran komunikatif bahsa daerah ini lebih menekankan kepada fungsi bahasa daerah tersebut sebagai komunikasi. Pembelajaran komunikatif bahasa daerah ini harus dapat menjawab kebutuhan komunikatif siswa, yaitu kebutuhan kemampuan dalam tindakan komunikatif. Siswa diarahkan kepada penggunaan bahasa bukan pengetahuan semata. Anak akan belajar bahasa dengan baik apabila mereka diikutsertakan dalam berbagai aktivitas bahasa yang komunikatif.

BAHASA DAERAH adalah bahasa yang sering dipakai peserta didik dalam kehidupan sosialnya. Penggunaan bahasa yang baik akan memicu anak meniru apa yang guru katakan. Proses komunikasi antara pendidik ( guru ) dan peserta didk akan terjalin secara komunikatif serta penempatan bahasa daerah yang sesuai dengan kebutuhan bahasa anak.

Kebiasaan anak usia sekolah dasar adalah meniru apa yang didengar ketika berada di lingkungan sosialnya. Kebiasaan negatifnya adalah penggunaan bahasa daerah yang tidak sesuai dengan norma serta kebiasaan yang berlaku di daerahnya. Mereka lebih kepada meniru bahasa daerah yang kotor dan tidak pantas untuk diucapkan.

Dampaknya adalah pendidik harus membimbing secara ekstra anak yang berprilaku serta berbahasa yang menyimpang dari norma yang berlaku. Pembelajaran komunikatf akan berjalan efektif ketika anak mulai diarahkan ke dalam proses komunikasi, baik secara verbal maupun non verbal. Bahasa daerah kadang dianggap sebuah bahasa yang tidak begitu penting dalam ruang lingkup INTERNASIONAL, oleh sebab itu bahasa daerah kadang tidak begitu disorot dalam kegiatan formal masyarakat.

TAGS : Pembelajaran Komunikatif Bahasa Daerah - Artikel Bacaan

SHARE THIS

Author:

A Commander, Commitment and Capital Nekad is one of the words of encouragement in his life. fightingfisabilillah be the absolute motto in reaching its goal. ~Jawwad Azka.

1 comment:

  1. Indonesia kaya akan budaya, suku dan bahasa. Cintai Budaya Indonesia

    ReplyDelete