Wednesday, 26 July 2017

Memperkuat Rasa Nasionalisme Melalui Jurnalistik

MEMPERKUAT RASA NASIONALISME MELALUI JURNALISTIK

Portal Jurnalis,- Menurut situs wikipedia, Nasionalisme merupakan salah satu paham yang ingin menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara atau wilayah (dalam bahasa Inggris nation) dengan cara mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia yang mempunyai tujuan atau cita-cita yang sama dalam mewujudkan kepentingan nasional, Nasionalisme juga adalah suatu rasa ingin mempertahankan negaranya, baik dari internal maupun eksternal.

Memperkuat Rasa Nasionalisme Melalui Jurnalistik
Foto : Seputar Bandung Raya
Nasionalisme hari ini menjadi isu penting bagi generasi muda memegang peran yang penting dalam mendorong Indonesia emas tahun 2045.

"Generasi muda yang kompetitif dan berjiwa patriotik pada saat bonus demografi akan mendorong kemajuan Indonesia," ujar Yossi ( Sekda Kota Bandung ) dalam pelatihan Jurnalistik di Aula PMI ( Palang Merah Indonesia ) Kota Bandung, Selasa 25 Juli 2017 dengan mengangkat tema "Jurnalis Patriot Bangsa" yang digelar oleh Forum Wartawan Bandung.

Foto : portal.bandung.go.id

Yossi melihat bahwa jurnalistik merupakan satu pintu yang dapat memperkuat rasa nasionalisme. Triknya adalah dengan cara para jurnalis itu senantiasa menyebarkan informasi yang positif. Penerapan prinsip berita yang bertanggungjawab adalah kunci dari penguatan nasionalisme. Para jurnalisme ini seperti para wartawan memiliki tanggungjawab moral dalam memberikan pendidikan dan pemahaman tentang pesan pesan persatuan dan kesatuan.

"Tanggung jawab moril inilah yang menjadi nilai yang patut dijunjung oleh para wartawan, baik wartawan sekolah atau wartawan profesional," tutur Yossi. Ia mencontohkan beberapa fenomena yang terjadi berawal dari kesalahan informasi. Penyebaran berita hoaks untuk memprovokasi pihak tertentu kerap kali memicu perpecahan di tengah masyarakat.

"Masyarakat hari ini juga perlu dicerdaskan tentang bagaimana memilah informasi. Tugas generasi muda inilah yang harus berperan dalam hal ini," tegas Yossi. Dia tidak mau masyarakat mudah terprovokasi oleh oknum penyebar informasi yang tidak bertanggungjawab. Ia juga menaruh harapan pada integritas para jurnalis untuk menerapkan prinsip utama seorang pewarta ( wartawan ), yakni selalu bertanggungjawab pada kebenaran.

Karena itu, yossi sangat menghargai kegiatan yang mengikutsertakan ratusan anak muda dalam pelatihan jurnalistik ini. Peserta yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, perwakilan KNPI dan Karang Taruna itu akan mendapatkan paparan dari para profesional ( senior ).
"Manfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya," katanya.


*Sumber : https://portal.bandung.go.id, http://www.seputarbandungraya.com, Pikiran Rakyat.


SHARE THIS

Author:

A Commander, Commitment and Capital Nekad is one of the words of encouragement in his life. fightingfisabilillah be the absolute motto in reaching its goal. ~Jawwad Azka.

0 komentar: